CPI Inggris Tinggi, BOE Siap Naikan Suku Bunga 0,25% ataukah 0,50%?

CPI Inggris Tinggi, BOE Siap Naikan Suku Bunga 0,25% ataukah 0,50%?

Diperbarui • 2023-06-21

Sehari sebelum keputusan suku bunga untuk Bank of England, hari ini Rabu (21/06/2023) pembacaan CPI Inggris untuk bulan Mei dirilis lebih tinggi dari yang diperkirakan yaitu secara tahunan (YoY) menjadi 8,7%. Ini sejalan dengan pandangan para analis yang diungkapkan awal pekan ini bahwa inflasi di Inggris akan tetap tinggi karena beberapa keadaan unik, yang utama adalah Brexit.

Pasar memperkirakan suku bunga akan dinaikkan sebesar 0,25% menjadi 4,75%. Namun, setelah data CPI pagi ini, beberapa pelaku pasar tidak mengesampingkan ada potensi kenaikan hingga 0,5%.

Indeks Harga Konsumen (CPI) Inggris untuk bulan Mei naik melampaui perkiraan pasar 8,4% untuk mencetak ulang angka 8,7% YoY, angka yang sama dengan sebelumnya. Dengan angka inflasi Inggris yang optimis ini, serta laporan pekerjaan Inggris yang kuat yang dirilis minggu sebelumnya, Bank of England (BoE) tampaknya bersiap untuk mengumumkan kenaikan lagi suku bunga acuannya pada hari Kamis. Pasar pun terlihat mengantisipasi untuk kenaikan GBP/USD akhir-akhir ini.

Pandangan kami, Bank of England (BOE) akan mempertahankan kenaikan 0,25% bulan ini, tetapi juga ada kemungkinan sikap mereka akan sangat hawkish dan kenaikan berikutnya mungkin bisa lebih tinggi lagi – hingga 0,5%.

Bahkan jika BOE menaikan suku bunganya 0,5% pada Kamis besok, itu mungkin tidak akan menjadi kejutan besar bagi pasar mengingat data inflasi hari ini. Tetapi jika BOE masih berpegang pada panduan sebelumnya dan sesuai harapan pasar, maka BOE tidak akan memutuskan kenaikan suku bunga hingga 0,5%.

Dampak Terhadap GBP

Pasar bereaksi positif untuk Pound (GBP) setelah data inflasi tersebut dan bergerak menuju sisi atas. Melihat reli baru-baru ini dalam mata uang yang didukung oleh angka CPI yang lebih tinggi dan kenaikan suku bunga Bank of England, ada potensi tren GBP akan berlanjut setidaknya sampai angka CPI tidak berada di bawah 5%.

Sayangnya, kemampuan dolar AS untuk bergerak lebih tinggi untuk hari keempat berturut-turut, meskipun tidak ada event terkini, membatasi kenaikan pasangan mata uang GBPUSD bahkan ketika inflasi Inggris mendukung BoE hawks.

Penguatan terbaru dolar AS dapat dikaitkan dengan komentar hawkish dari pembuat kebijakan Fed dan data perumahan AS yang kuat. Selain itu, ketakutan geopolitik seputar AS dan China membebani sentimen dan dolar AS mendapatkan permintaan peran safe-haven.

Analisa GBPUSD

GBPUSDH4.png

Menyerupai

Risiko Intervensi Hentikan Pelemahan Yen Jepang
Risiko Intervensi Hentikan Pelemahan Yen Jepang

Pasar saham Asia bergerak datar dengan bias bearish pada perdagangan Senin (25/03/2024), karena sentimen tetap tegang menjelang data ekonomi utama minggu ini, sementara risiko intervensi mata uang dari Jepang menghentikan

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera