Pidato Kazuo Ueda Hantarkan GBPJPY Ke Level Tertinggi Baru Sejak Desember 2015

Pidato Kazuo Ueda Hantarkan GBPJPY Ke Level Tertinggi Baru Sejak Desember 2015

Diperbarui • 2023-06-16

Para investor yang berharap GBPJPY bergerak naik, merespons dengan antusias komentar dovish dari Gubernur Bank of Japan (BoJ) Kazuo Ueda sehingga menghantarkan pasangan mata uang ini melonjak ke level tertinggi sejak Desember 2015, naik 0,55% intraday di sekitar 180,40.

Sebelumnya pada Jumat pagi (16/06/2023), BoJ mempertahankan target suku bunga jangka pendek pada level -0,1% sambil mengarahkan yield obligasi Pemerintah Jepang (JGB) 10 tahun dengan kisaran +/-0,50% dengan harapan tekanan inflasi akan segera mereda. Untuk mempertahankan pandangan tersebut, Ueda dari BoJ baru-baru ini mengatakan, "Dibutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai target inflasi 2% bank sentral."

Menguatnya sterling terhadap yen ini juga karena perbedaan sikap dan langkah baik BoE maupun BoJ dalam merespons inflasi. BoJ yang mempertahankan suku bunga untuk mengendalikan kondisi ekonomi negaranya sangat bertolak berseberangan dengan BoE yang sangat diharapkan akan kembali menaikkan suku bunga nya.

Analisa Teknikal GBPJPY

GBPJPY 16062023.jpg

GBPJPY naik untuk hari keempat berturut-turut dan mencapai level tertinggi beberapa bulan setelah pidato Gubernur Bank of Japan (BoJ) Kazuo Ueda yang membela kebijakan pelonggaran dengan mengacu pada harapan meredanya inflasi. Meski sempat melemah di pembukaan Jumat, GBPJPY rebound setelah BoJ memutuskan untuk mempertahankan kebijakan, dan kenaikan terus berlanjut setelah gubernur BoJ Ueda menyatakan pandangannya terhadap kebijakan yang diambil oleh bank sentral Jepang.

GBPJPY terus menjauh dari indikator Moving Average 50, 100, dan 200 yang menunjukkan keberlanjutan tren Bullish pasangan ini. Dengan sentimen terhadap Yen yang terus melemah, open BUY GBPJPY dapat dipertimbangkan pada level 180,90 jika menembus level tertinggi sejak Desember 2015 di level 180,86 yang berpotensi naik menuju level 181,15 hingga level 181,25. Namun potensi GBPJPY koreksi dari kenaikan saat ini dapat terjadi, dengan open SELL pada level 180,40 yang berpotensi turun menuju level 180,30 hingga ke 180,25.

Menyerupai

Yen Jepang Terus Terpuruk, Targetkan Level Psikologis
Yen Jepang Terus Terpuruk, Targetkan Level Psikologis

Yen Jepang kembali mencatat penurunan untuk hari ketiga berturut-turut di hari Rabu (27/03/2024), menyusul ketidakpastian mengenai langkah kebijakan ..Di sisi lain, indeks dolar AS, yang saat ini terus mendapat dukungan dari prospek ekonomi AS yang optimis

Risiko Intervensi Hentikan Pelemahan Yen Jepang
Risiko Intervensi Hentikan Pelemahan Yen Jepang

Pasar saham Asia bergerak datar dengan bias bearish pada perdagangan Senin (25/03/2024), karena sentimen tetap tegang menjelang data ekonomi utama minggu ini, sementara risiko intervensi mata uang dari Jepang menghentikan

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera