XAUSUD Masih Tertekan Di Tengah Sentimen Risiko Positif Dan Geopolitik

XAUSUD Masih Tertekan Di Tengah Sentimen Risiko Positif Dan Geopolitik

Diperbarui • 2023-10-17

XAUUSD masih berada di bawah tekanan jual untuk hari kedua berturut-turut pada hari Selasa (17/10/2023), disebabkan oleh sentimen risiko yang positif, bersama dengan kenaikan imbal hasil obligasi AS yang terus membebani logam mulia ini. Namun risiko geopolitik atas perang di Timur Tengah antara Israel - Palestina dan ketidakpastian mengenai jalur kenaikan suku bunga the Fed akan berpotensi membantu membatasi penurunan XAUUSD.

XAUUSD masih berjuang untuk memanfaatkan rebound menjelang penutupan perdagangan hari Senin dari area 1.908 dan masih relatif melemah untuk hari kedua berturut-turut pada hari Selasa. Logam mulia ini mempertahankan pergerakannya saat menuju sesi Eropa, meski masih tertekan oleh nada risiko yang positif, yang cenderung melemahkan aset safe haven seperti Bullion. Selain itu, kenaikan imbal hasil obligasi Treasury AS, yang didukung oleh meningkatnya ekspektasi pengetatan kebijakan lebih lanjut oleh Federal Reserve (Fed), menjadi faktor lain yang masih berpotensi membebani logam mulia itu yang tanpa imbal hasil.

Namun, penurunan XAUUSD saat ini masih tertahan oleh konflik antara Israel dan Palestina yang sedang berkecamuk. Hal ini, bersamaan dengan semakin meningkatnya penerimaan pasar bahwa Federal Reserve (Fed) kemungkinan akan mempertahankan suku bunga tidak berubah untuk kedua kalinya berturut-turut di bulan November, seharusnya memberikan dukungan XAUUSD untuk membukukan kenaikan.

Sementara itu, ekspektasi Fed yang dovish membuat Dolar AS tetap tertahan dan hal ini seharusnya dapat membatasi penurunan untuk logam mulia yang diperdagangkan dalam dolar AS. Para pelaku pasar mungkin juga lebih memilih untuk menunggu isyarat tentang jalur kenaikan suku bunga The Fed di masa depan sebelum memperoleh petunjuk pasar yang lebih terarah.

Sehingga, fokus pasar saat ini akan tertuju pada pidato Ketua Fed Jerome Powell yang dijadwalkan pada hari Kamis, yang akan menentukan pergerakan harga Emas selanjutnya. Sementara itu, data ekonomi AS pada hari Selasa, yang menampilkan data Penjualan Ritel bulanan dan angka Produksi Industri, juga akan menjadi fokus pasar. Karena data ini juga memiliki pengaruh terhadap pergerakan dolar AS.

XAUUSD 17102023.jpg

XAUUSD saat ini relatif konsolidasi setelah rebound dari level terendah pekan ini yang dicapai pekan lalu di level 1,908, bergerak dalam rentang terbatas di area 1,924/1,912. Pasangan XAUUSD ini juga, pada timeframe H2 berada jauh dari lintasan ketiga indikator Simple Moving Average (SMA). Melihat SMA200 mulai menembus ke bawah SMA100, berpotensi membawa XAUUSD melanjutkan kenaikan signifikan.

Sementara itu, indikator Relative Strength Index juga menunjukkan tanda-tanda kembali naik menjauhi level tengah menuju level Overbought pada timeframe H2. Meski pada timeframe H4 mengarah ke level tengah, namun RSI masih di tengah di antara level 50 dan area overbought.

Jika XAUUSD mampu rebound dari penurunan perdagangan kemarin dan berhasil menembus ke atas level 1,920, peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 1,924 dengan target profit pada area 1,930/1,934. Sebaliknya, peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 1,912, dengan target profit pada level 1,907/1,902, jika XAUUSD kembali melemah dan menembus ke bawah level 1,915.

Mulai Trading Sekarang-2.png

Menyerupai

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera